Analisa PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk


 

Pengertian organisasi:


Organisasi pada dasarnya merupakan tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terkendali, dengan memanfaatkan sumber daya (dana, material, lingkungan, metode, sarana, prasarana, data) dan lain sebagainya yang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan bersama


Sejarah Perusahaan


PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk atau Adira Finance didirikan pada tahun 1990 dan mulai beroperasi pada tahun 1991. Sejak awal Perusahaan telah berkomitmen untuk menjadi perusahaan yang terbaik dan terkemuka di sektor pembiayaan yang melayani pembiayaan beragam merek, baik untuk sepeda motor maupun mobil, baru maupun bekas. Melihat pada adanya potensi untuk mengembangkan usaha lebih lanjut, Adira Finance melakukan penawaran umum perdana atas sahamnya pada tahun 2003, yang mana Bank Danamon menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan saham sebesar 75%, dilanjutkan dengan melakukan akuisisi selanjutnya sebesar 20% saham, menjadikan Bank Danamon memiliki kepemilikan saham sebesar 95% pada tahun 2009. Dengan demikian, Adira Finance menjadi bagian dari Temasek Holdings, perusahaan investasi plat merah asal Singapura.

Memasuki tahun 2013, perekonomian Indonesia mulai mengalami serangkaian tekanan. Pada kondisi ekonomi dunia di mana harga komoditas masih melanjutkan tren penurunan yang memberikan indikasi telah berakhirnya supercycle, ditambah lagi rencana pengurangan stimulus(Quantitative Easing) oleh Federal Reserve, Amerika Serikat, yang menimbulkan kepanikan pada perekonomian secara global dan berujung pada aliran dana asing keluar dari Indonesia.

Tekanan pada ekonomi global kemudian berdampak pada neraca perdagangan Indonesia sepanjang tahun 2013 yang mencatatkan defisit sebesar USD 7,3 miliar. Kondisi inipun turut membuat nilai tukar rupiah terdepresi hingga ditutup pada Rp12.160 per dollar AS. Inflasi melonjak hingga hingga menyentuh tingkat 8,38% pada tahun 2013, dan sebagai langkah pengendalian inflasi, Bank Indonesia mengerek suku bunga acuan secara bertahap hingga ditutup pada tingkat 7,5% pada akhir tahun 2013. Dengan demikian, pada tahun 2013, Indonesia mencatatkan pertumbuhan sebesar 5,8%.

Walaupun kesemua kondisi di atas tidak terlihat kondusif, namun sesungguhnya perekonomian Indonesia masih kuat secara fundamental. Hal ini dapat dilihat dari industri otomotif Indonesia yang masih mencatatkan pertumbuhan pada tahun 2013, yakni tumbuh 9% untuk penjualan sepeda motor nasional menjadi 7,8 juta unit dan 10% untuk penjualan mobil nasional menjadi 1,3 juta unit.

Saat ini, Adira Finance telah berhasil menjadi salah satu perusahaan pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia berdasarkan pencapaian laba, pembiayaan baru dan piutang yang dikelola. Dengan didukung oleh lebih dari 28 ribu karyawan dan 667 jaringan usaha yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, Adira Finance melayani lebih dari 3,7 juta konsumen dengan jumlah piutang yang dikelola sebesar Rp48,3 triliun dan menguasai pangsa pasar 12,6% untuk sepeda motor baru dan 5,4% untuk mobil baru.

Dengan pencapaian tersebut, Adira Finance menjadi kontributor yang signifikan terhadap total portofolio Danamon. Di tahun 2013, Adira Finance telah menyumbang 34% dari total portofolio dan 65% kepada segmen kredit mass-market Bank Danamon.

Guna menghadapi meningkatnya tantangan dan risiko pada tahun 2014 ini, Perusahaan telah mendefinisikan strategi korporasinya dengan tagline “Together We Go To The Next Level Through: Customer Engagement”, di mana strategi tersebut telah dilakukan sosialisasi kepada seluruh karyawan Perusahaan.


Visi dan Misi


Visi :
Menciptakan nilai bersama demi kepentingan perusahaan dan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Misi :
Menyediakan produk dan pelayanan yang beragam sesuai siklus kehidupan pelangganMemberikan pengalaman yang menguntungkan dan bersahabat kepada pemangku kepentingan
Memberdayakan komunitas untuk mencapai kesejahteraan


Nilai-Nilai Perusahaan


(Advance) Keunggulan
Satu langkah lebih baik dan lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya atau pesaing;Mempunyai gambaran ke depan yang jelas dan terarah dan Handal mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam segala keadaaan.

(Discipline) Disiplin
Mengarah kepada sesuatu yang lebih baik melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan perbaikan secara terus-menerus. Cara berpikir dan cara bersikap yang sesempurna mungkin dan Bersikap disiplin sesuai dengan norma organisasi.

(Integrity) Integritas
Berkomitmen yang disertai dengan sikap yang konsisten, Dapat dipercaya (jujur dan tulus), Dapat menjaga etika usaha, Mempunyai rasa memiliki yang tinggi dan Menjadi panutan bagi karyawan lainnya.

(Reliable) Dapat Diandalkan
Mempunyai mental seorang juara, yang tercermin dari perilaku yang senantiasa berpikir positif dan cerdas dan Rasa tanggung jawab yang penuh terhadap segala sesuatu yang dilakukan.

(Accountable) Akuntabilitas Menyampaikan sesuatu berlandaskan pada data fakta dan Keterbukaan yang obyektif dan bijaksana.

(Teamwork) Kerjasama
Sinergi, Bersedia berkorban satu sama lain, dan Tidak saling menyalahkan satu sama lain.

(Obsessed) Motivasi Tinggi
Bekerja dengan proses yang benar dan berorientasi pada hasil yang optimal, Motivasi yang tinggi dalam bentuk bersedia melakukan pekerjaan lebih dan bersikap proaktif, Meningkatkan keahlian dan Saling menjaga atau memelihara satu sama lain.

(Professional) Profesional
Berorientasi kepada konsumen, Kemampuan memimpin yang handal dan Mempunyai jiwa kewirausahaan yang mampu mengkalkulasikan risiko, inovatif dan kreatif.


Prinsip-prinsip tata kelola perusahaan Adira Finance


Perusahaan telah menerapkan prinsip dari kode etik yang harus ditaati oleh seluruh karyawan Perusahaan yang dinamakan “ADIRA TOP”. Kode etik tersebut harus dibaca, dimengerti dan ditandatangani oleh setiap karyawan Perusahaan.

Prinsip-prinsip dasar ADIRA TOP adalah sebagai berikut:

  1. Advance
    Setiap anggota Manajemen dan karyawan dalam bersikap, melakukan kegiatan dan berpikir harus memiliki sikap mental yang “one step ahead” (mampu untuk berpikir dan mewujudkan satu langkah lebih baik serta lebih cepat dibandingkan orang lain pada umumnya atau pesaing) “visionary” (selalu memiliki visi/gambaran ke depan yang jelas dan terarah yang menjadi pemicu untuk maju) “execution ability” (handal mengambil keputusan dalam segala keadaan dengan cepat dan tepat sehingga dapat mengurangi atau meniadakan efek samping yang buruk).
  2. Discipline
    Setiap anggota Manajemen dan karyawan dalam menjalankan kewajibannya harus mampu menerapkan sikap yang selalu “Plan, Do, Check and Action (PDCA) to improvement” (mengarah kepada sesuatu yang lebih baik melalui proses perencanaan, pelaksanaan, pengawasan dan perbaikan secara terus-menerus), disertai dengan cara berpikir dan cara bersikap yang sesempurna mungkin dan bersikap disiplin sesuai dengan norma organisasi.
  3. Integrity
    Setiap anggota Manajemen dan karyawan dalam seluruh kegiatan harus memiliki sikap yang selalu memegang teguh komitmen yang disertai dengan sikap yang konsisten, dapat dipercaya (jujur dan tulus), memiliki rasa memiliki yang tinggi dan mampu menjaga etika usaha sehingga dapat menjadi panutan bagi karyawan lainnya.
  4. Reliable
    Setiap anggota Manajemen dan karyawan harus mampu mencerminkan sikap mental seorang juara, yang tercermin dari perilaku yang senantiasa berpikir positif dan cerdas serta didukung oleh rasa tanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu yang dilakukannya.
  5. Accountable
    Seluruh tindakan yang dilakukan harus berlandaskan pada data fakta dan dilakukan dengan asas keterbukaan yang obyektif dan bijaksana.
  6. Teamwork
    Setiap anggota Manajemen dan karyawan harus memiliki keinginan untuk memperoleh hasil yang optimal secara bersama-sama, yang dilandasi oleh keinginan berkorban, tidak saling menyalahkan satu sama lain dan berupaya mencari solusi yang dilakukan dengan sinergi yang baik.
  7. Obsessed
    Setiap anggota Manajemen dan karyawan harus bekerja dengan proses yang benar dan berorientasi pada hasil yang optimal, memiliki motivasi yang tinggi dalam bentuk bersedia melakukan pekerjaan lebih dan bersikap proaktif, selalu berupaya untuk meningkatkan keahlian serta saling menjaga atau memelihara satu sama lain

 

Struktur Organisasi PT Adira Dinamika Multi Finance


 

adira

 


Kesimpulan Analisa


Berdasarkan dari informasi diatas, PT Adira Dinamika Multi Finance, Tbk adalah suatu perusahaan niaga di bindang jasa pembiayaan, pembiayaan meliputi motor dan mobil baik yang baru maupun bekas, kemudian perusahaan terus berkembang sehingga menjadi salah satu perusahaan pembiayaan pembiayaan otomotif terbesar di Indonesia.

Perusahaan menganut organisasi modern, terbukti pada kegiatan organisasi yang dari waktu kewaktu diharuskan memanage member demi member yang terus bertambah. Member disini adalah agen dan termasuk juga nasabah. Perusahaan selalu melebarkan sayapnya untuk mencari member member baru seperti dengan menjalin kerjasama dengan cara member get member. Data-data member yang perusahaan kelola semakin hari semakin bertambah, di perlukan sistem manajemen yang mumpuni untuk pengolahan data yang lebih cepat serta akurat. Perusahaan terus mengembangkan sistem manajemen untuk mengatasi pengolahan data tersebut.

Adira Top merupakan prinsip dari kode etik perusahaan, untuk mengatur seluruh karyawan. Ketenaga kerjaan pada perusahaan di atur pada butir-butir prinsip yang telah di jelaskan sebelumnya.

Menurut saya organisasi perusahaan sudah mencakup unsur unsur penunjang sebuah organisasi seperti terbentuk nya sebuah tujuan yang terkandung dalam visi dan misi perusahaan. Perusahaan memiliki kerjasama yang baik dengan komponen-komponen organisasi lain nya yang memang saling ketergantungan, contoh nya kerjasama antara perusahaan dengan pihak bank atau dengan perusahaan penyedia barang, yang tidak akan terus berjalan apabila tidak ada nya kerjasama yang baik diantara mereka.


Sumber


http://www.adira.co.id/pages/view/53/Kegiatan-Usaha-Kami
http://www.adira.co.id/pages/about/1/Deskripsi-Adira-Finance
http://www.adira.co.id/pages/about/2/Visi-dan-Misi
http://www.adira.co.id/pages/about/3/Nilai-Nilai-Perusahaan
http://www.adira.co.id/pages/about/5/Struktur-Organisasi-Perusahaan
http://www.adira.co.id/pages/about/12/Pedoman-Tata-Kelola-Adira-Finance
http://www.adira.co.id/pages/about/13/Kode-Etik
http://www.adira.co.id/pagesfile/Praktik-Tata-Kelola-Perusahaan.pdf

Leave a comment